Berwisata ke Padang Savana Terindah Di Indonesia

Berwisata ke Padang Savana Terindah Di Indonesia

 

imagineair – Savana adalah padang rumput luas yang dihiasi dengan beberapa jenis pohon. Padang rumput tersebut merupakan padang rumput yang luas, sekaligus merupakan tempat di mana berbagai ekosistem saling berinteraksi dalam bentuk simbiosis dan rantai makanan. Savana adalah ekosistem yang khas di daerah dengan curah hujan rendah, dan ekosistem strukturnya sangat kompleks. Ekosistemnya didominasi oleh rerumputan, semak belukar dan pepohonan yang jarang. Biasa disebut bioma savana, merupakan salah satu sistem biologis di permukaan bumi.

Savana hanya terdapat di daerah beriklim tropis atau daerah yang melintasi garis katulistiwa. Daerah tersebut merupakan savana tropis karena curah hujan yang sedikit di daerah tersebut. Bisa dikatakan savana ini banyak tumbuh di daerah panas daripada di daerah lembab.

Indonesia memang memiliki wisata alam yang luar biasa, dan keindahannya seakan tidak tertandingi oleh negara lain. Mulai dari sungai, danau, gunung, gurun hingga laut, Indonesia menawarkan pesona yang berbeda. Misalnya saja savana yang terlihat indah di Afrika. Nyatanya, Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk menikmati pemandangan negara lain. Pemandangan yang disediakan oleh wisata di negara ini tidak kalah dengan savana di Afrika. Berikut kami rangkum Padang Savana di Indonesia. Ini adalah komentarnya:

Berwisata ke Padang Savana Terindah Di Indonesia

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
TravelsPromo

Indonesia memiliki savana terluas di pulau Jawa yaitu Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. Kalau kamu berkunjung ke sini, serasa berada di Afrika. Taman Nasional Baluran adalah tujuan wisata yang sama sekali berbeda. Mengapa saya harus mengatakan berbeda? Karena di sini jika beruntung, kita bisa menemukan banyak sekali satwa liar asli, yang berbeda dengan kebun binatang atau taman safari.

Jika kita mengamati dengan cermat berbagai hewan di Taman Safari, jika mereka mencium bau makanan di mobil, mereka bahkan bisa mendatangi kita. Tapi bukan disini. Pasalnya untuk memasuki taman nasional, kita harus memasuki jalan tanah yang agak rusak dan berkendara selama 40 hingga 1 jam. Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Perbatasan utara adalah Selat Madura di sebelah timur Selat Bali, dan di tengah kawasan itu adalah Pegunungan Barulan yang sudah tidak aktif lagi. Namun jika dilihat dari kejauhan savana menjadi pemandangan yang indah.

Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan dari ekosistem hutan kering di pulau Jawa yang meliputi tipe vegetasi savana, mangrove, hutan musiman, hutan pantai, hutan pegunungan rendah, hutan rawa dan hutan cemara abadi. Bagi pecinta fotografi, sebaiknya datang ke sini saat musim kemarau dari bulan Juni hingga Juli dan Agustus, karena air di hutannya kering dan rerumputan berwarna kuning.

Di musim kemarau, rusa, kerbau, merak, dan hewan lain di hutan datang ke savana. Taman nasional menyediakan air dan genangan air, sehingga pada musim kemarau, hewan akan keluar dan tinggal di dekat jalan raya. Hewan-hewan ini sangat pemalu, karena jika mobil mendekat, mereka akan kabur ke dalam hutan.

Dianjurkan untuk mulai bepergian di pagi hari. Semoga kita bisa menemukan kabut agar fotografer bisa membuat foto lebih dramatis. Saya sarankan Anda datang ke sini pada pukul 04:00 pagi. Mengapa? Karena sunrise di Taman Nasional Baluran sangat bagus.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata Bersejarah Terbaik Di Dunia

2. Padang Rumput Cihideung

Padang Rumput Cihideung
Phinemo.com

Destinasi wisata Padang Savana Chideung ini sebenarnya merupakan lahan kosong yang ditumbuhi rerumputan tinggi. Namun sebagian orang sengaja datang ke sini untuk berfoto dan mengunggahnya di media sosial Instagram.

Padang rumput savana ini terletak di Desa Ciguangdong. Posisi ini hampir sama dengan posisi PT. Perkebunan Nusantara VIII berdekatan dengan arena pacuan kuda dan dekat dengan Villa Istana Bunga. Cara untuk mencapai lokasi ini adalah menuju Kota Bandung melalui Sersan Bajuri. Nanti, Anda akan melewati beberapa taman bunga pinggir jalan, jalan lurus hingga keluar pertigaan, lalu berkendara ke jalan utama. Jalan menuju padang rumput Cihideung di Bandung harus bekerja keras. Kerikil kecil menjadi kendala yang harus dilalui.

Dari pertigaan tersebut, naik kendaraan langsung menuju Villa Istana Bunga. Sebelum villa ini memperhatikan ke kanan akan ada masjid pinggir jalan. Lokasinya sekitar 500 meter dari sana. Jangan lupa untuk datang kesini agar perjalanan anda ke Bandung semakin menyenangkan.

3. Savana Gunung Bromo

Savana Gunung Bromo
Royal Tour Bromo

Kawasan Bromo Savana (savana) atau “Lembah Jemplang” merupakan padang rumput yang sangat luas di sisi selatan Gunung Bromo. Bentuk Gunung Bromo terhubung dengan lembah, berdiri tegak di atas kawah dan lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Sekilas, hamparan savana bromo yang luas terlihat seperti perbukitan hijau, mirip dengan perbukitan di film anak-anak populer “Antenna Bird” tahun 90-an. Karena itulah, banyak orang juga menamakan savana ini “Bukit Teletubbies”. Selain untuk tamasya, lokasi ini kerap digunakan para fotografer untuk mengambil foto untuk berbagai keperluan. Jadi jika Anda menemukan banyak fotografer dan modelnya berpose bagus di tempat ini, jangan heran.

Di sini, Anda akan merasakan pesona dan keindahan rerumputan hijau yang membentang terus menerus, sekaligus memberikan suasana yang tenang, sejuk, dan nyaman bagi masyarakat. Menyaksikan keindahan savana bromo yang dipenuhi dengan berbagai macam bunga cantik membuat rasa penat di badan langsung sirna selama perjalanan.

Untuk mencapai Prairie Bromo di Gunung Jemplang, anda akan membawa anda melewati lautan pasir yang menyuguhkan pemandangan yang sangat berbeda. Keberadaan lautan pasir sebenarnya merupakan daya tarik lain dari Savana Bromo sehingga banyak wisatawan dari daerah tersebut yang telah mengunjungi kawasan wisata ini. Sebaiknya sewa jeep yang disediakan di kantor persewaan mobil agar tidak bosan berkeliling Bromo, termasuk mengunjungi “teltubbies” dan pantai berpasir Savana.

Memang kawasan wisata Bromo merupakan sekumpulan tempat wisata alam yang tidak akan pernah menyegarkan. Keindahan alam dan kearifan lokalnya membuat Anda ketagihan, senyaman berada di lingkungan rumah sendiri. Banyak turis yang kembali ke Bromo, hanya untuk mengingat betapa indahnya pengalaman kunjungan pertama mereka.

4. Savana Cikasur

Savana Cikasur
Satutenda.com

Kami bertujuh mendaki dari desa Baderan di kawasan Situbondo lalu turun menuju desa Bermi di kawasan Probolinggo. Aku dan Kak Lady berangkat dari Jakarta dan ketemu pacar dari Sidoarjo, ternyata dia bawa laki-laki lain. Kami berempat dari Surabaya pergi ke Besuki-Situbondo untuk bertemu dengan seorang teman yang sebelumnya telah mengatur untuk bertemu di sana. Nah, ternyata yang menunggu di Besuki itu bukan teman, melainkan mereka bertiga. Jadi, saya pikir saya akan naik ke empat dari kita, dan sekarang ada tujuh dari kita. Ini melebihi ekspektasi saya karena saya hanya memperkirakan sebagian dari logistik bekerja untuk empat orang, tapi ngomong-ngomong, semakin banyak logistik yang bisa dibelanjakan, semakin banyak orang akan semakin seru.

5. Savana propok Sembalun
Bukit Savana Propok merupakan suatu bukit yang terdapat di Wanasaba, Lombok Timur, Indonesia. Ini merupakan 1934 m di atas dataran laut. Gunung ini mempunyai energi raih tertentu, serta keelokan dan keunikannya menawan bagus turis lokal ataupun mancanegara.

Savana Propok dan Bukit Kondo Sembalun menjadi destinasi wisata terbaru di Lombok, karena pemandangan indah yang mereka tawarkan sungguh menakjubkan.Meski secara geografis wilayah tersebut termasuk dalam Desa Sembalun, namun cara yang paling efektif untuk memulainya adalah melalui Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur. Jika Anda dari Mataram, Anda dapat berkendara ke desa Bebidas dengan menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih 2,5 jam.

Baca Juga : Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Orang Introvert, Yang Menenangkan

6. Savana Puru Kambera

 

Savana Puru Kambera
Kompasiana.com

Savana Puru Kambera membuktikan bahwa Sumba Timur merupakan kawasan wisata yang harus Anda kunjungi. Apa kamu tidak percaya? Silakan periksa beberapa informasi di bawah ini! Kawasan ini berada di kawasan Sumba Timur yang memang merupakan kawasan yang asri. Sekitar 24 kilometer dari kota Waingapu, Anda dapat melihat sabana yang sangat luas dengan vegetasi khas Sumba dan pemandangan alam yang indah. Belum lagi kondisi langit biru muda menambah keindahannya.

Dapat dikatakan bahwa Savannah Prucambella Hotel merupakan daya tarik wisata utama di Sumba Timur. Karena memang, Anda akan kesulitan mendapatkan suasana dan daya tarik yang sama di tempat lain. Kuda-kuda liar yang berkeliaran bebas menjadi daya tarik mereka. Dengan begitu, tak heran jika sabana biasanya menjadi tujuan utama para wisatawan. Tingkah Mustang di kawasan wisata ini juga sangat unik dan naif. Kuda-kuda itu benar-benar memanfaatkan kebebasan di alam liar.

Orang lebih sering melihat kuda liar di musim kemarau daripada di musim hujan.Pasalnya, saat musim kemarau, sabana Puru Kambera menjadi sangat kering, sehingga kuda-kudanya tampak lebih aktif sehingga membuat bagian luar hutan berlumpur untuk mencari makan.Jangan lupa untuk memperhatikan tindakan Anda, karena kuda-kuda liar ini sangat sensitif. Oleh karena itu, jika ingin dekat dengan kuda, Anda harus ekstra lamban agar mereka tidak segera pergi.

Saat anda berkunjung ke sabana Puru Kambera, tidak hanya bisa menikmati keseruan kuda liar, anda juga bisa menikmati panorama alam yang mempesona disana. Tanpa sentuhan manusia, Anda akan melihat panorama alam. Amat dianjurkan buat selalu mempersiapkan kamera, sebab banyak momen bagus yang akan ditangkap disana. Pemandangan yang dikelilingi langit biru dengan padang rumput kuning keemasan membuat suasana di sekitarnya seakan-akan pemandangan alam Afrika.

Untuk fasilitas di kawasan sabana pun tidak terlalu banyak, karena memang anda akan berada di alam bebas. Anda juga dapat mengatakan bahwa Anda akan kembali ke alam. Saat Anda berada di sana, hiruk pikuk kota akan terasa jauh. Oleh karena itu, mereka yang mencari makanan dan penginapan dapat menuju ke Pantai Puru Kambera. Karena di kawasan pantai lebih banyak terdapat fasilitas untuk memenuhi kebutuhan Anda. Ada tempat tinggal dan makan yang bernama Pondok Wisata Pantai Cemara. Namun hal ini menjadi hal yang baik bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan sabana Puru Kambera seharian penuh dan memberikan suplemen berupa makanan dan minuman kecil, karena cuaca yang Anda rasakan di sini sangat panas.

7. Savana Gunung Merbabu

Savana Gunung Merbabu
Phinemo.com

Selain Pegunungan Argopuro, Savana atau padang rumput juga bisa ditemukan di kawasan Taman Nasional Merbabu. Meski padang rumput di sini tidak sebesar tempat lain, namun pemandangannya tetap indah. Sabana juga mudah ditemukan di beberapa tempat, terutama di lembah dan punggung bukit yang menurun setelah puncak utama Merbabu yang bercirikan triangulasi. Savana Selo begitulah kata banyak orang, atau sebelum pendakian dari Dusun Genting, Kecamatan Selo, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, sebelum mencapai puncak utama. Beberapa keindahan savana ini yaitu :
– Biasanya sabana Merbabu menguning di musim panas, tapi kemudian pemandangan sabana lebih indah
– Sabana Merbabu lebih indah di pagi hari karena berpadu dengan awan yang muncul
– Padang rumput akan menghijau di musim hujan, membuatnya semakin indah, seperti pemandangan Selandia Baru
– Menarik juga, Merbabu juga mempunyai tananam edelweis
– Saat angin bertiup, rerumputan memberikan efek rerumputan yang indah
– Karena keindahannya, biasanya dijadikan tempat untuk foto prewedding
– Pemandangan indah padang rumput Gunung Merbabu ditandai dengan langit yang selalu biru

8. Oro-oro Ombo – Gunung Semeru

Oro-oro Ombo – Gunung Semeru
Gunung

Sebagai gunung berapi tertinggi di pulau Jawa, Semeru memiliki sabana yang sangat indah. Penduduk setempat menyebutnya Oro-oro Ombo, yang artinya padang rumput yang luas. Tanpa ketersebaran, seluruh areal sabana ini mencapai 100 hektar. Setelah melewati hamparan sawah yang luas, Anda akan memasuki kawasan Cemoro Kandang yang merupakan rumah bagi banyak jenis burung dan rusa. Selain itu, Gunung Semeru juga diwajibkan menjadi salah satu gunung terindah di Pulau Jawa.