8 Tempat Wisata Bersejarah Terbaik Di Dunia

8 Tempat Wisata Bersejarah Terbaik Di Dunia

Imagineair.com – Sejarah adalah studi tentang masa lalu, terutama hubungannya dengan umat manusia. Dalam bahasa Indonesia, sejarah, kronik, legenda, sejarah, tanggal, tawarik, tampo atau sejarah dapat diartikan sebagai peristiwa yang terjadi di masa lalu atau yang sebenarnya terjadi atau asal usul silsilah (silsilah), terutama untuk aturan Sejauh raja itu prihatin. Ini adalah istilah umum yang berkaitan dengan penemuan, pengumpulan, pengorganisasian, dan penyajian peristiwa masa lalu dan informasi tentang peristiwa tersebut.Dapatkah Kamu memikirkan gimana orang kuno yang tidak menguasai teknologi bisa membuat adikarya dengan arsitektur berdimensi luar biasa serta berseni? Karya luar biasa yang dulunya sama dengan batu di masa lalu telah menjadi warisan sejarah yang sangat berharga di seluruh dunia.

8 Tempat Wisata Bersejarah Terbaik Di Dunia

Mendatangi Tempat Situs Bersejarah dapat membuat liburan Kamu penuh dengan pengalaman berlainan. Tiap tahun, ribuan orang berduyun-duyun dari satu tempat ke tempat lain di dunia buat melihat dengan mata kepala mereka sendiri gimana sejarah peradaban diawali. Terdapat banyak area memiliki yang menarik di dunia. Anda dapat melakukan perjalanan singkat atau menyelami perjalanan abad terakhir. Bukankah itu menarik? Nah, berikut delapan monumen bersejarah terbaik di dunia dan bisa masuk dalam daftar perjalanan Anda.

1. Candi Borobudur, Indonesia

Borobudur adalah candi Budha yang terdapat di Magelang, Jawa Tengah, tidak jauh dari kota Yogyakarta. Keberadaannya tidak hanya terkenal di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional.Situs bersejarah yang menakjubkan ini begitu istimewa. Penataan dan bentukan batunya memiliki nilai seni yang tinggi.Tidak diragukan lagi, selain Candi Prambanan, Borobudur selalu menjadi tujuan wisata para wisatawan domestik maupun mancanegara. Sampai saat ini Candi Borobudur masih berdiri megah dan menawan, tanpa memperlihatkan sejarah kunonya, berbicara tentang penciptanya, tidak ada catatan yang jelas siapa yang membuat candi ini. Namun, candi ini konon dibangun pada masa kejayaan Dinasti Syailendra.

Selain itu, tidak ditemukan bahwa candi ini dibangun untuk pemeluk agama Hindu atau Budha. Saat itu, Dinasti Ceylon adalah penganut agama Buddha Mahayana.Namun, ditemukan pula prasasti Sojomerto yang menyatakan bahwa mereka pada awalnya menerima agama Hindu. Saat itu banyak sekali candi yang dibangun di Jawa dan dijadikan sebagai tempat peribadahan, salah satunya adalah Candi Shiwalingga. Namun dilihat dari bentuk dan jenis klentengnya, masyarakat beranggapan bahwa candi tersebut merupakan peninggalan kerajaan Buddha.Menurut survei tertulis pada kaki tertutup Karmawibhangga, diperkirakan candi tersebut dibangun sekitar tahun 760-an. Pada 830 M, pembangunan candi ini akan memakan waktu setidaknya 100 tahun dan diharapkan selesai pada masa pemerintahan Raja Samaratonga. Bisa dikatakan candi ini sebenarnya dibangun sekitar tahun 825 M.

Hingga saat ini, Candi Borobudur diperkirakan berumur 12 abad atau 1.200 tahun. Temuan ini didukung, dan temuan tersebut menunjukkan bahwa pembangunan candi ini dimulai pada abad ke-8 atau ke-9 Masehi. Ini terjadi sekitar abad ke-14 atau ke-15 M, ketika peradaban Buddha India mulai menurun di Indonesia. Tahun ini juga menandai masuknya Islam ke Nusantara, dan Borobudur menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab hingga sepenuhnya dipugar dan dilestarikan. Mereka menjual patung Buddha kepada kolektor barang antik atau museum, dan banyak bagian dari kuil tersebut dihancurkan oleh penjarah. Inilah sebabnya mengapa banyak patung Buddha tidak memiliki kepala.

Baca Juga : 7 Taman Ria Yang Spektakuler Yang Ada Di Dunia

Lokasi Alamat Borobudur adalah Jl. Badrawati, Borobudur, KFC. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan bus Transjogja jalur A menuju Jombor. Setelah itu, Anda bisa naik bus ke Jombor-Borobudur untuk melanjutkan perjalanan. Harga tiket (a. WNI, Rp 50.000 untuk dewasa, Rp 25.000 untuk anak-anak) (b. WNA, US $ 15 untuk dewasa, US $ 8 untuk anak -).Fasilitas Wisata Ada banyak fasilitas wisata di dekat Borobudur. Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat menginap atau restoran terdekat. Selain itu, panitia pengelola pameran kuil juga menyelenggarakan banyak kegiatan, seperti festival budaya, acara musik, perayaan Buddha, dll.Candi Borobudur (Borobudur Temple) bukan hanya tujuan liburan atau resor berjalan kaki. Mengunjungi monumen bersejarah ini bisa memberi kita banyak aspek positif. Selain mendapatkan suasana baru, kami juga banyak memetik pelajaran dari wisata candi ini.

2. Parthenon, Yunani

Parthenon adalah kuil yang didedikasikan untuk Athena, dewi kebijaksanaan. Kuil ini dibangun pada abad ke-5 SM di kota kuno Acropolis. Gedung ini ialah salah satu aset sejarah Yunani kuno serta mempunyai rancangan arsitektur yang luar biasa pada masa itu. Elemen arsitektur Parthenon dibangun sesuai dengan konsep Rasio Emas (Rasio Emas / Aturan Emas). Dalam seni arsitektur, struktur yang dibuat dengan prinsip golden ratio (rasio emas) memiliki proporsi yang sangat ideal dari segi estetika. Inilah mengapa rasio emas sering disebut proporsi ilahiah.

Meskipun masih belum pasti apakah orang Yunani kuno menciptakan prinsip matematika rasio emas, ahli matematika dan arsitektur modern sering menjumpai rasio emas dalam bangunan warisan budaya kuno ini. Simbol Fi itu sendiri dibuat atas nama pematung Phidias, yang merupakan arsitek utama Parthenon. Phidias menggunakan rasio emas dari rasio emas untuk menghiasi desain eksterior, lantai dan patung candi.

Selain menghancurkan Acropolis pada tahun 1687, ia juga menghancurkan Masjid Bait Suci Parthenon. Kemudian, Kesultanan Utsmaniyah membangun masjid baru Itu lebih moderat di dekat reruntuhan kuil Parthenon yang hancur. Masjid ini Berdiri kokoh hingga dekade 1820 yang akhirnya dikelilingi oleh masyarakat Yunani yang menginginkan kemerdekaan dan pemisahan dari Kekaisaran Ottoman.Pada 1980-an, Parthenon yang hancur dibangun kembali di bawah kepemimpinan arsitek Nikolaos Balanos. Kemudian pilar utama dan dinding candi yang runtuh dibangun kembali. Nikolaos Balanos menggunakan teknik yang salah saat menggunakan penjepit besi untuk membangun kembali Parthenon, jadi ketika penjepit besi itu begitu indah.Pahatan dinding rusak. Pada tahun 1975, di bawah kepemimpinan arsitek Malonis Korres, Parthenon dibangun kembali. Kuil Parthenon senilai $ 90 juta terlihat seperti saat pertama kali dibangun.

 

3. Piramida Kulkulkan, Meksiko

Keberadaan piramida tidak pernah terlewatkan oleh wisatawan. Tidak hanya di Mesir atau tempat lain di dunia yang terdapat piramida, Meksiko juga memiliki piramida. Selain itu, piramida termasuk dalam peninggalan suku Maya.Piramida Kukulcan terletak di tengah reruntuhan Maya kuno di Semenanjung Yucatan, Meksiko dan merupakan pesona bagi siapa saja yang melihatnya. Mengutip situs Trip Ideas (Rabu (12/9/2012)), bangunan peninggalan suku Maya ini memiliki 9 anak tangga, 52 panel dihitung berdasarkan tahun suku Maya dan 365 anak tangga yang menunjukkan jumlah hari dalam setahun.

Desain unik piramida ini juga menarik wisatawan ke Chichen Itza, Meksiko. Di lokasi bersejarah ini juga terdapat legenda bahwa piramida ini dibangun untuk mengenang orang Kukulkan. Kukulcan adalah dewa berambut ular. Piramida ini telah ada selama 1.000 tahun.Selain panorama alam sekitar piramida yang cantik, ternyata di dalam piramida ini tersimpan piramida lainnya yang jauh lebih tua. Buat masuk ke dalam piramida ini turis wajib melampaui suatu pintu kecil yang mengarah ke Chac Mool, salah satu wujud Kaum Maya yang tergeletak di atas suatu tahta.

Saat suasana masih sepi, suasana terlihat lebih tenang dan nyaman. Anda dapat naik ke puncak dan melihat seluruh situs. Pepohonan hijau di sekitarnya membuat piramida tenggelam ke dalam “lautan” hijau, namun posisinya masih sama dengan Piramida Kukulkan, dan juga terdapat kuil pendekar. Keberadaan candi ini tidak bisa lepas dari perhatian para wisatawan. Lusinan pilar batu menghiasi sekitar kuil, diukir di sekitar penjaga.

 

4. Tikal, Guatemala

Tikal adalah reruntuhan kota kuno yang disebut Yax mutal dan ditemukan di hutan hujan Guatemala. Ini adalah salah satu situs arkeologi dan pusat kota terbesar sebelum peradaban Maya selama era Columbus. Itu terletak di daerah arkeologi Cekungan Petén di tempat yang sekarang Guatemala utara.Terdapat di departemen El Peten, web ini ialah bagian dari Taman Nasional Guatemala Tikal serta diklaim selaku Web Peninggalan Bumi UNESCO pada tahun 1979.

Tikal adalah ibu kota negara yang ditaklukkan, dan negara tersebut menjadi salah satu kerajaan paling kuat di zaman Maya kuno. Walaupun arsitektur monumental web ini berawal dari era ke- 4 SM, Tikal menggapai puncaknya pada rentang waktu klasik. 200 hingga 900. Selama periode ini, kota ini mendominasi sebagian besar suku Maya secara politik, ekonomi, dan militer, sambil berinteraksi dengan berbagai bagian Amerika Tengah (seperti kota besar Teotihuacan di lembah terpencil Meksiko).Terdapat fakta kalau Tikal dikalahkan oleh Teotihuacan pada era ke- 4 SM.

Setelah berakhirnya era klasik akhir, Tikal tidak membangun monumen besar yang baru, dan terdapat bukti bahwa istana bangsawan ini telah dibakar. Yang terjadi selanjutnya adalah penurunan populasi secara bertahap, yang akhirnya menyebabkan reruntuhan ditinggalkan pada akhir abad ke-10.Tikal adalah kota yang paling dapat dipahami di antara kota-kota besar besar di dataran rendah Maya. Ada banyak penguasa dinasti, dan banyak makam penguasa dalam daftar ini telah ditemukan, dan monumen, kuil, serta istananya telah diselidiki.

 

5. Tembok Raksasa, China

Tembok Besar China sering dianggap sebagai satu-satunya benda buatan manusia yang dapat dilihat dari luar angkasa. Masih banyak persoalan seputar kenyataan lain mengenai Tembok Besar Cina. Misalnya tujuan pembangunan Tembok Besar Cina. Ataupun, dimana ujung dari Tembok Besar China. Inilah sejarah panjang Tembok Besar China.Mengenai kemunculan Tembok Besar di luar angkasa, NASA menjelaskan melalui situs resminya bahwa sesungguhnya susah buat melainkan Tembok Besar Cina dengan subjek lain dalam fotografi astronot . Pasalnya, warna dan tekstur bahan yang digunakan pada tembok Cina mirip dengan warna tanah yang mengelilingi tembok.

Bukan hanya ukurannya. Tembok Besar China memiliki sejarah yang panjang. Sejarah rilis, yaitu pada hari Kamis tanggal 25 Juni, Tembok Besar China awalnya dibangun oleh Kaisar Qin Shi Huang pada abad ke-3 SM. Tembok Besar Tiongkok dibangun untuk mencegah serangan oleh masyarakat gerilya barbar.Bagian Tembok Besar yang paling terkenal dan paling terpelihara dibangun antara abad ke-14 dan ke-17 di bawah pemerintahan Dinasti Ming. Walaupun Tembok Besar tidak sempat dengan cara efektif menghindari penjajah merambah Tiongkok, ia melambangkan kekuatan abadi peradaban Tiongkok.Tembok tersebut sebagian besar terbuat dari tanah dan batu dan memanjang ke arah barat dari pelabuhan Bea Cukai Haishan di China, yaitu Provinsi Gansu, dan membentang sepanjang lebih dari 4,8 kilometer. Di sebagian area strategis, bagian dinding saling menumpang bertumpukan buat membenarkan keamanan maksimal .

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Horor Yang Ada Di Dunia, Indonesia Termasuk

Sehabis kematian Qin Shihuang, Dinasti Qin jatuh serta banyak bagian dari Tembok Besar Tiongkok dihancurkan. Sehabis tumbangnya Dinasti Han, serangkaian negeri lain di pinggiran memahami China Utara. Yang paling kuat adalah Dinasti Wei Utara, yang memperbaiki dan memperluas tembok untuk menahan serangan negara perbatasan.Kerajaan Qi Utara (550-577) membangun dan memperbaiki lebih dari 1.448 kilometer tembok kota.Pada saat yang serupa, Bangsa Sui yang pendek( 581- 618) membenarkan serta memanjangkan Tembok Besar sebagian kali. Dengan runtuhnya Dinasti Sui serta kebangkitan Dinasti Tang, Tembok Besar kehabisan kedudukannya selaku benteng. Ini karena Tiongkok mengalahkan bangsa Tujue di utara serta meluaskan kekuasaannya ke pinggiran asli tembok tersebut.

 

6. Petra, Yordania

Situs sejarah dan arkeologi Petra di Yordania semakin terkenal setelah ditetapkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru oleh New7Wonders Foundation. Karena keberadaan situs tersebut, jumlah pengunjung meningkat tajam, diperkirakan situs tersebut dibangun oleh suku nomaden Arab, Raja Aretas dari Kerajaan Nabatean pada abad ke-4 SM.Otoritas Zona Pengembangan dan Pariwisata (PDTRA) Petra melaporkan di Jordan Times bahwa jumlah kunjungan wisatawan mencapai 461.000 pada tahun 2016, dan pada November 2017 jumlah wisatawan meningkat menjadi 521.000.

Dalam bahasa Arab, Kementerian Keuangan disebut Al Khazneh. Warnanya sangat indah. Tidak ada salahnya penulis John William Burgon menyebutnya “kota mawar merah”. Ikon tersebut juga muncul dalam film Indiana Jones yang terletak di Teluk Aqaba dan tengah Laut Mati, pada ketinggian 806 hingga 1.306 Mal. Kota itu sendiri mencakup area seluas 264 kilometer persegi. Benar saja, bangunan kota itu dibangun dengan mengukir dinding batu di lembah yang tidak rata di Wadi Araba di Yordania.

Petra hanya bisa dikunjungi melalui jalur pegunungan sempit Sikh Canyon yang panjangnya 1,5 kilometer dan lebar 2 meter. Saat itu, masyarakat Nabati membangun “terowongan gelap” yang dapat menampung air untuk mencegah banjir saat musim hujan, Anda bisa menemukan taman, makam raja, dan teater yang dapat menampung 400 orang. Itu dikendalikan sampai periode Bizantium, dan kemudian kaisar Romawi mengalihkan fokus ke Konstantinopel. Sejak saat itu, Petra diabaikan, dan bencana alam seperti gempa bumi memungkinkannya untuk menggali lebih banyak gua.

Pegunungan Harlan sangat menarik bagi wisatawan. Mereka percaya bahwa di puncak gunung, Nabi Harun wafat dan dimakamkan oleh Nabi Musa, dibandingkan dengan pengalaman indah mengunjungi Petra, harganya tidak ada apa-apanya. Jika tidak bisa berjalan atau bahkan mendaki ke puncak gunung, warga sekitar akan menyewa unta. Anda akan berkendara melewati ngarai atau tebing terjal, pada saat matahari sedang bersinar cerah akan terlihat sepetak emas merah yang menghantam reruntuhan.

 

7. Pulau Paskah, Chili

Salah satu sisa-sisa yang masih menjadi misteri saat ini adalah patung batu raksasa di Pulau Paskah di Chili. Patung itu disebut moai dalam bahasa setempat.Di dataran sepanjang 164 kilometer ini terdapat 887 patung batu yang merupakan peninggalan nenek moyang suku Rapa Nui, penduduk asli Pulau Paskah.Patung-patung yang ditemukan sekitar 400-800 SM berukuran sangat besar dan berat. Yang tertinggi disebut Paro, yang tingginya hampir 12 meter dan berat 75 ton.Ada beberapa deretan patung batu yang rapi di beberapa tempat, seperti di Ahu Tongarki dan Ahu Akivi. Berbaris patung manusia menghadap ke laut, Rapa Nui adalah salah satu suku Polinesia yang hidup di daratan Pasifik.

Pulau Paskah sendiri terletak di titik paling tenggara dari segitiga Polinesia. Pada tahun 1877, jumlah orang Rapa Nui berkurang menjadi 111, tetapi mereka masih mendominasi Pulau Paskah, terhitung sekitar 60% dari populasi.Banyak teori yang mencoba mengungkap bagaimana cara memindahkan patung-patung batu vulkanik tersebut agar bisa berjejer. Peneliti Amerika Carl Lipo dan Terry Hunt percaya bahwa patung itu dipindahkan oleh ribuan tikus yang pernah kehilangan kendali di Pulau Paskah. Teori lainnya, Labay Rapai Nui mendapat bantuan dari alien. Namun menurut cerita rakyat Rapa Nui, moai-moai bisa “bekerja” sendiri.

Hingga saat ini masih banyak spekulasi tentang moai. Misteri patung besar itu menarik wisatawan dari Pulau Paskah. Oleh karena itu, pariwisata merupakan sumber pertumbuhan ekonomi terbesar di Pulau Paskah, dan budaya Rapa Nui juga menjadi daya tarik yang menarik. Mulailah dengan tarian tradisional, alat musik dan kostum khas Rapa Nui. Sekilas, pakaian adat mereka terlihat seperti orang India, dengan hiasan bulu di kepala.

 

8. Piramida Giza, Mesir

Mesir merupakan salah satu negara dengan sejarah yang panjang dan sangat terkenal di dunia. Beberapa diantaranya adalah piramida, sphinxes / sphinxes, candi, raksasa dan beberapa bangunan bersejarah lainnya. Tentunya piramida telah menjadi simbol wisata yang sangat terkenal bagi wisatawan mancanegara dari seluruh dunia, piramida tersebut sudah dibangun sejak berdirinya kerajaan kuno. Piramida Mesir tertua dalam sejarah dibangun pada 2630 SM, pada masa pemerintahan Raja Dussel dari Dinasti Ketiga. Pada saat itu, perancang dan arsitek piramida tertua adalah Imhotep, seorang pemuka agama dan tabib kerajaan. Tentu saja, pembangunan piramida ini merupakan langkah awal raja Mesir untuk menunjukkan kepada dunia tujuan besarnya.

Setelah kematian Raja de Joseph, piramida menjadi makam raja, meskipun piramida pada awalnya tidak berfungsi sebagai makam resmi kerajaan. Namun, karena raja meminta untuk dimakamkan di piramida buatan di tahun-tahun terakhirnya, semua pengikut dan ahli warisnya telah menguburkan raja di piramida sejak itu, dan salah satu piramida itu, Piramida Merah, dianggap sebagai piramida. Ini adalah bangunan khusus dan merupakan situs makam profesional pertama di Kekaisaran Mesir. Piramida Merah dibangun di Dashur, yang juga merupakan makam Raja Sneferu, raja pertama dari Dinasti Keempat Kerajaan Mesir (2613-2589 SM).

Piramida Giza adalah salah satu bangunan terbesar di Mesir dan dunia.Piramida ini pula ialah piramida sangat populer di Mesir. Situs National Geographic menyatakan di situsnya bahwa pembangunan Piramida Giza dimulai pada masa pemerintahan Firaun Khufu pada 2550 SM. Hingga saat ini, piramida megah tersebut masih berdiri dan menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler bagi para wisatawan.Piramida Giza yang tingginya 138 meter ini merupakan salah satu keajaiban dunia. Padahal, piramida ketiga jauh lebih kecil dan tingginya mencapai 65 meter. Jika piramida dibangun di era modern seperti saat ini, mungkin manusia bisa membangun piramida dengan lebih mudah.