6 Wisata Hutan Pinus Di Indonesia Yang Mempesona

6 Wisata Hutan Pinus Di Indonesia Yang Mempesona

6 Wisata Hutan Pinus Di Indonesia Yang Mempesona

6 Wisata Hutan Pinus Di Indonesia Yang Mempesona
GoTravelly

Wisata Hutan Pinus Di Indonesia – Pinus, apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata-kata ini? Apakah itu mirip dengan pohon cemara?Pinus dan cemara adalah jenis pohon yang sama, yaitu pohon cemara jenis konifera. Pohon cemara jenis konifera adalah pohon yang tumbuh dalam kerucut dan memiliki daun hijau sepanjang tahun (tidak berubah warna seiring musim). Tetapi sesungguhnya, pinus serta cemara bukanlah serupa, sebab berawal dari genus serta familia yang berlainan.

Perbandingan tipe tumbuhan coniferous evergreen susah dicerminkan, bila kita tidak membandingkannya dengan cara langsung. Di Indonesia, tumbuhan pinus diucap pula tumbuhan tusam. Tumbuhan ini berawal dari famili yang serupa dengan tumbuhan fir serta tumbuhan spruce, ialah famili Pinaceaedengan genus pinus. Pinus ataupun tusam sesuai berkembang di wilayah lapangan besar. Tusam mempunyai karakter batang yang retak- retak serta daun yang berpadu membuat berkas jarum jauh. Daun pinus yang berkembang terletak pada ranting ataupun cabang pada batang bagian tengah.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan keindahan alam yang tak tertandingi. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam terbaik di dunia. Setiap destinasi wisata di Indonesia pasti akan memberikan pengalaman tak terlupakan tersendiri. Kita bisa mengunjungi banyak tempat wisata alam di seluruh wilayah Indonesia. Bisa dikatakan setiap daerah di Indonesia memiliki tempat wisata masing-masing, dan tempat wisata tersebut akan selalu menjadi tujuan utama para wisatawan. Jika kita berbicara tentang tempat wisata alam, pasti banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulailah dengan perjalanan pantai yang menakjubkan dan perjalanan gunung yang ekstrim dan mengasyikkan.

Kali ini kita akan membahas Wisata Hutan Pinus Indonesia yang sangat terkenal. Memang Indonesia memiliki banyak sekali destinasi alam yang berhubungan dengan hutan pinus. Jika Anda menyukai kawasan wisata yang berkaitan dengan hutan yang damai dan asri, maka Anda wajib mengunjungi beberapa kawasan hutan pinus, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Hutan Pinus Manggunan

Hutan Pinus Manggunan
Raskita.com

imagineair – Hutan Pinus Manggunan berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Padahal, Hutan Pinus Manggunan merupakan hutan pinus biasa, dengan pohon pinus yang menjulang tinggi di mana-mana. Tapi layaknya di Jogja, tempat biasa bisa jadi luar biasa. Dengan sedikit skill fotografi dan imajinasi yang tinggi, hutan pinus Mangunan ini akan menjadi tempat pemotretan yang sangat indah. Tak hanya untuk selfie, hutan pinus Mangunan ini kerap dijadikan lokasi untuk foto prewedding. Banyak orang yang mengatakan bahwa keindahan hutan pinus Manggunan tidak kalah dengan tempatnya yang sering dijadikan lokasi syuting drama Korea.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan media sosial seperti Twitter dan Instagram menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penyebaran informasi tempat wisata. Sama seperti Hutan Pinus Mangunan ini. Melalui Instagram, tempat ini semakin terkenal bahkan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Yogyakarta.

Setiap hari, apalagi di akhir pekan atau hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi banyak orang yang ingin berfoto dengan background pohon pinus yang indah dan mengunggahnya ke Instagram. Pengelola menyediakan banyak atraksi sehingga bisa mengekspresikan setiap momen saat wisatawan berswafoto. Bahkan, daun dan buah kering dari pohon pinus tersebut rontok ke tanah sehingga terlihat semakin cantik karena terlihat seperti karpet alami. Sinar matahari yang melewati celah-celah di batang pohon pinus akan menambah drama pada foto yang kita buat.

Banyak orang menyebut pohon pinus sebagai lambang cinta. Pohon ini lurus, tidak ada ranting yang semua harapan cintanya selalu lurus, harapan pasangan yang tidak akan pernah bercabang. Pada saat yang sama, daun pinus yang selalu hijau diibaratkan dengan cinta, dan cinta itu abadi. Selain pemandangannya yang indah, inilah kenapa banyak pasangan berpose sebelum pernikahannya di Hutan Pinus Mangunan, berharap cinta mereka bisa tetap lugas, lugas, dan langgeng.

Terdapat berbagai macam aktivitas yang terdapat disini seperti berswafoto sesuka hati dimanapun sudut Hutan Pinus Manggunan ini karena terdapat banyak spot untuk foto yang instagramable. Lalu kalian juga dapat bersantai di mari sembari menikmati kesegaran alamnya. Disini juga kalian dapat merefreshingkan dari hiruk pikuk yang ada di kota.

Untuk fasilitas dan sarana prasarana yang ada di hutan pinus manggunan ini terdapat Tempat parkir yang luas, Toilet atau MCK, Mushola , jika kalian lapar dan tidak membawa bekal tenang saja karena disini terdapat Tempat makan, lalu ada Gazebo untuk berehat anda, lalu terdapat juga Tempat berkemah. Untuk tiket masuk yang ada di sini tidak dikenakan biaya masuk hanya saja dikenakan untuk biaya parkir mobil sebesar Rp10.000 sedangkan untuk motor sebesar Rp3000. Hutan Pinus Manggunan ini buka dalam 24 jam.

2. Hutan Pinus Songgon

Hutan Pinus Songgon
Kmstour.com

Kabupaten paling timur di Jawa Timur, Banyuwangi seakan tak pernah sepi wisatawan saat berlibur. Ada banyak tempat wisata alam dan wisata edukasi, seperti Waduk Bajulmati, Kawah Ijen, Pulau Merah, Teluk Hijau, Rumah Makan Kakao Banyuwangi, dll. Memang Kabupaten Banyuwangi lebih menitikberatkan pada obyek wisata alam berupa pantai, namun kini bukan hanya pantai saja, tapi juga banyak destinasi wisata banyuwangi yang menarik.Ini semua pilihan liburan menarik, seperti Hutan Pinus Songgon Banyuwangi. Hutan Pinus Banyuwangi

Status pariwisata tersebut masih tergolong objek wisata baru di Banyuwangi karena baru dibuka pada akhir Oktober 2016 lalu. Karena memiliki pemandangan alam yang indah dan beberapa spot foto sudut untuk berbagi foto, tak ayal banyak wisatawan Banyuwangi dan sekitarnya yang bertebaran di seluruh kawasan wisata. Antusiasme wisatawan bahkan membuat manajemen pariwisata kewalahan. Hingga saat ini, setiap hari libur dan setiap akhir pekan dapat menyebabkan banyak wisatawan berada di kawasan wisata. Bahkan menurut pengelola industri pariwisata terlihat bahwa tempat parkir bisa meledak hingga 1 km dari tempat parkir sebenarnya.

Awalnya menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang populer, dulunya hanya berupa kawasan hutan pinus biasa, warga sekitar kerap memanfaatkannya untuk mencari getah yang diekstrak dari pohon pinus. Pada saat yang sama, tepat di bawah hutan pinus, warga memanfaatkannya untuk menanam jagung, merica, jahe, dll. Hanya saja bila pohon pinus sudah membesar tentu sudah tidak bisa lagi disemayamkan atau ditanam dengan komoditas lain, sehingga hanya bisa mengambil getahnya saja.

Pemerintah Banyuwangi memiliki ide cerdas untuk memanfaatkan kawasan hutan pinus Songgon Banyuwangi sebagai kawasan wisata. Karenanya, hingga saat ini pemerintah kabupaten terus mengelola dan melindungi kawasan hutan pinus Banyuwangi. Belum lagi terdapat Sungai Baden di dekat kawasan wisata.Para pecinta alam sudah lama memanfaatkan Sungai Baden sebagai tempat tubing atau aktivitas arung jeram.

Keunikan dari tempat rekreasi Banyuwangi ini adalah hampir seluruh kawasan wisata bertebaran dengan foto selfie. Terdapat objek wisata rumah pohon dengan berbagai ukuran, dan bentuk rumah pohon telah didesain dengan cermat agar terlihat lebih menarik namun tetap natural. Lalu ada area yang penuh dengan dekorasi lampion warna-warni dan payung merah yang dikelilingi pepohonan. Tentunya hal inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan.
Sementara itu, jika membahas sarana wisata, tempat wisata Songongsong memberikan infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan acara. Meski begitu, fasilitas di sana belum terlalu lengkap, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Ada beberapa bangku taman yang terbuat dari kayu yang terlihat natural. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas tersebut sebagai tempat istirahat sambil menikmati secangkir kopi hangat dan mengagumi panorama alam. Fasilitas lainnya termasuk rumah pohon dan area berkemah. Ada juga fasilitas untuk menunggang kuda atau menggunakan jeep, namun fasilitas tersebut berbayar.

Saat membayar tiket Wisata Hutan Pinus Banyuwangi harganya pun tidak terlalu mahal, dan wisatawan hanya perlu membayar biaya perjalanan sekitar Rp. Hanya 5.000. Pada saat yang sama, tidak ada biaya tambahan untuk area parkir turis. Meski banyak petugas parkir yang bersedia membantu wisatawan, namun area parkir di sini tidak dipungut biaya, dan biasanya wisatawan memungut biaya secara sukarela. Jam buka wisata dimulai pukul 07.00 WIB kemudian tutup pukul 20.00 WIB.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Yang Wajib Kalian Kunjungi Di Pacitan

3.Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo
Replubika

Hutan Pinus Nongko Ijo merupakan salah satu destinasi wisata di Desa Kare, Kecamatan Kare, Medien, Jawa Timur. Jika Anda termasuk orang yang menyukai wisata alam pasti akan menyesal datang ke tempat ini, karena di sini Anda bisa menikmati keindahan alam yang tak terhalang. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk Anda kunjungi sendiri bersama keluarga atau teman saat Anda sedang dalam mood yang baik dan sedang bersantai.

Resort perhutani ini terletak di kaki gunung wilis, jadi anda sudah bisa menebak seperti apa udara dan suasananya saat tiba disana. Sejak tahun 1981 pohon pinus yang tinggi dan rindang ditanam di sini, sebelumnya bernama Hutan Pinus Hutan Lindung. Tempat ini dulunya dikenal sebagai hutan lindung. Banyak wisatawan yang datang karena penasaran dengan pemandangan pepohonan pinus yang membuat tempat ini terlihat eksotis dan sedikit misterius.

Nama “Nongko Ijo” berasal dari sebuah cerita bahwa ketika pohon pinus pertama kali ditanam, seseorang menemukan pohon ijo (nangka hijau) yang sangat besar dan berwarna hijau tua tumbuh di sekitar hutan. Karenanya, masyarakat menyebutnya Hutan Pinus Nongko Ijo. Berkat kreativitas anak muda yang bekerja sama dengan pengelola hutan (Perhutani), Hutan Pinus Nongko Ijo akhirnya menjadi objek wisata, dan kini banyak dikunjungi orang.

Bagi yang suka fotografi, Anda bisa dengan leluasa menyebarkan hobi Anda dengan mengabadikan pemandangan di sekitar hutan. Beberapa foto keren juga bisa kamu unggah di media sosial, seperti dua mata air di hutan pinus Ijo atau tepi sungai di Kota Naquan. Dalam konteks ini, Anda bisa berfoto bersama keluarga atau teman. Berbagai pemandangan alam di sana mungkin juga menjadi incaran kamera. Dengan mengunggah ke berbagai media sosial, kamu sudah ikut mengenalkan objek wisata ini ke keramaian. Untuk sarana dan prasarana yang terdapat di Hutan Pinus Nongko Ijo ini seperti kamar mandi, lahan untuk berkemah, terdapat juga warung atau tempat makan, lalu ada lahan parkir, travelingyuk.com

4.  Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan
Jejak Kenzie

Selfie terbaik Hutan Pinus Kragilan terletak di Magelang, Jawa Tengah. Terletak di lereng barat Gunung Merbabu dan menyuguhkan panorama alam yang sangat “instagrammable”. Anda bisa melihat keindahannya dalam pemandangan indah pepohonan pinus dan pegunungan sekitarnya. Dengan pepohonan pinus sebagai latar belakang, pengunjung akan bersemangat untuk berfoto selfie. Seperti namanya, Top Selfie Pinus Kragilan memang menjadi tempat bagi Anda yang ingin berfoto.

Saat ini, kawasan wisata selfie papan atas di hutan pinus Krajland Magelang terus mengembangkan berbagai atraksi fotografi. Spot fotografi ini tentunya sangat cocok untuk orang yang suka hunting foto yang Instagrammable.

Anda juga bisa menemukan fotografer handal dengan harga terjangkau di berbagai atraksi. Beberapa daya pikat yang ada di Hutan Pinus Kragilan seperti:

– Memiliki jalan setapak di antara barisan para pohon pinus.
Magelang sebenarnya adalah kawasan hutan pinus Krajran. Bagi wisatawan yang ingin berjalan kaki, terdapat beberapa jalur menuju hutan. Objek wisata ini menjadi spot selfie utama, dan diharapkan bisa menjadi spot selfie terbaik di objek wisata ini. Di kedua sisi jalan setapak adalah deretan pohon pinus. Saat kabut turun, tempat ini bisa menjadi lokasi foto prewedding yang ajaib. Cahaya yang melewati dedaunan dan pepohonan pinus juga menjadi daya tarik utama dari pemotretan ini.

– Pohon pinus di ujung jalan
Untuk mencapai tempat ini pengunjung dapat berjalan menaiki anak tangga dan memasang background pohon pinus di pintu masuk objek wisata. Perspektif yang digambar pada latar belakang membuat foto yang diambil di lokasi tersebut terlihat lebih menarik.

– Spot foto seperti di atas awan
Objek wisata ini dibangun dengan papan kayu yang memberikan efek kepingan salju putih dan latar belakang hutan pinus dari atas. Anda juga bisa menambahkan bahan foto (seperti boneka) agar hasil foto terlihat lebih dreamy, yang bisa dikoordinasikan dengan fotografernya.
– Lalu terdapat juga spot foto sarang tawon dan sarang lebah
Seperti namanya, objek wisata ini berbentuk seperti rumah lebah. Sebuah lubang kecil dibuka di tengah-tengah tempat ini, dimana Anda bisa duduk dan berpose sehingga pengunjung bisa menggunakan media ini untuk berfoto.

– Jika kalian ingin yang agak menantang disini juga terdapat spot foto wahan sepeda gantung
– Lalu ada pula merasakan sensasi bermain sambil bergelantung
– Trus selanjutnya terdapat rumah pohon, taman bunga matahari, dan anda juga bisa bersantai dan berfoto di hammock.

Pengunjung yang datang kesini akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket bervariasi tergantung pada hari kunjungan, akhir pekan atau hari kerja. Pada hari biasa kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000, dan pada hari minggu dan hario libur sebesar Rp12.500. Saat jam buka, pengunjung tidak perlu khawatir, karena foto selfie puncak Hutan Pinus Kragilan buka setiap pagi hingga sore hari. Buka pada hari senin sam pai hari minggu sedangkan hari jum’at tutup buka mulai pagi pada pukul 07.00 sampai dengan sore pukul 18.00 WIB.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Yang Menarik Di Jember

5. Hutan Pinus Kintamani

Hutan Pinus Kintamani
bali expres

Hutan Pinus Kintamani merupakan destinasi wisata yang menarik, menawarkan romantisme yang eksotis dan alami. Hutan Pinus Kintamani terletak di Jalan Katul, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Untuk mengaksesnya dengan mudah, Anda bisa melewati Jembatan Tukad Bangkung, lalu menuju ke Jalan Catur, lalu menyeberangi jalan menanjak yang berkelok-kelok menuju hutan alam kasawan Kintamani. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas lebih lanjut tentang daya tarik dan keindahan tempat wisata hutan pinus Kintamani.

Tempat wisata hutan pinus di Desa Sukawana Kintamani, Bangli, Bali:

– Merupakan hutan pinus terindah yang ada di Indonesia

Lokasi hutan pinus Kintamani yang sejuk dan udaranya sejuk, terletak di dataran pegunungan pegunungan, malam sangat dingin dan selalu tertutup kabut tebal, tempat ini memberikan suasana yang unik dan berbeda. Pemandangan indah hutan pinus Kintamani kontras dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan jajaran pepohonan yang menjulang tinggi.

– Menjadi tempat prewedding di Kintamani Bali
Jika Anda mencari alternatif tempat prewedding dengan suasana alam di Bali, pergilah ke Hutan Pinus Sukawana Kintamani. Hutan Pinus Kintamani memiliki eksotisme dan romantisme yang luar biasa, sehingga Anda bisa betah berlama-lama di sini. Background atau background suasana hutan alam yang tampak alami sangat menarik untuk dijumpai spot fotografi. Semua itu karena udaranya yang sejuk, segar dan memiliki oksigen yang sangat bersih, biasanya kita tidak merasakan polusi udara perkotaan di sini.

Karenanya, banyak calon pengantin yang ingin menikah memilih untuk berfoto sebelum menikah di kawasan Hutan Pinus Kintamani. Perlu Anda ketahui bahwa tren pranikah pinus saat ini sedang populer, dan penyanyi Andien melakukan salah satunya. Tak hanya itu, mencari foto-foto cantik di hutan pinus ini juga menjadi aktivitas utama para pengunjung Hutan Pinus Kintamani Tempat Wiasta.

Untuk anda bersama pasangan, berikut rekomendasi tempat makan romantis di Bali yang dekat dengan hutan pinus Kintamani yang wajib anda kunjungi yaitu Restoran Amora Bali Kintamani di Jalan Panelokan 999 Batur Tengah Kintamani buka mulai pukul 08.00 -16.00 Wita. 25.000. Untuk tiket masuknya karena fasilitas yang masih terbatas dan belum ada pengelolaan resmi khusus, Kawasan Hutan Kintamani masih menjadi objek wisata gratis, sehingga setiap pengunjung yang masuk ke Kawasan Wisata Alam Hutan Pinus Kintamani tidak dipungut biaya. Untuk jam buka, Anda bisa menikmatinya 24 jam sehari.

6. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri
visiting jogja

Hampir semua area di dalam dan sekitar Dlingo tertutup oleh pohon pinus. Salah satunya kawasan hutan Pinus Asri di Dusun Karangasem. Karena keindahannya, tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk berfoto. Sejak 2017, kawasan wisata Pinus Asri sudah ada. Namun nyatanya, objek wisata ini sudah dikelola oleh masyarakat sekitar sejak lama. Tempat wisata ini dulunya bernama Hutan Pinus Mangunan. Suasananya yang asri sangat membantu untuk berfoto dengan background alam. Pemandangan yang diberikan sepertinya tak tertandingi yang bikin turis betah.

Menikmati eksotisme dan keasrian jajaran pinus di Hutan Pinus Asri, terdapat beberapa spot menarik disini seperti:

– Panggung Alam Hutan Pinus Asri

Panggung alami adalah nama dek observasi di hutan pinus. Melalui gardu pandang ini, pengunjung dapat melihat pemandangan alam dan puncak gunung. Latar belakang foto dengan pemandangan yang menakjubkan. Tidak seperti pos tampilan lainnya, administrator tidak artistik di sini. Namun, penggunaan kayu jati asli membuat kolom observasi menjadi kuat. Ini karena tetap mempertahankan kesan natural dan klasik. Yang pasti, pengunjung akan mendapatkan hasil yang indah saat berfoto di gardu pandang. Pemandangan alam pepohonan pinus dan awan di pagi hari sangat luas. Tidak ada gangguan dari benda buatan manusia lainnya.

– Menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam

Di pagi hari, pengunjung akan melihat pemandangan spektakuler dari anjungan pandang. Jika beruntung, dari sini pengunjung akan melihat kerutan awan di antara pepohonan. Dengan cara ini, dari gardu pandang, terlihat seperti negara yang tertutup awan. Selain itu pengunjung juga bisa melihat indahnya matahari terbit. Miyun secara bertahap memancarkan cahaya kuning cerah.

– Jangan lewatkan berkunjung ke bikini bottom
Dek observasi tidak dilengkapi dengan karya seni. Namun di kawasan hutan pinus, pengunjung bisa menemukan berbagai karya seni. Salah satunya adalah bikini bottoms, yang merupakan kota tempat tinggal Spongebob. Di sini, ada Rumah Nanas SpongeBob. Warnanya oranye cerah dengan pola persegi nanas. Selain itu, nanas tetap tinggal di atap rumahnya. Tak hanya itu, rumah batu Squidward juga dibangun di sini. Rumah berbentuk wajah dibangun di antara SpongeBob Squarepants dan rumah Patrick. Tentu saja, jangan lewatkan rumah batu Patrick Star yang berdiri di samping rumah Squidward.

Untuk bisa memasuki kawasan wisata hutan pinus ini, wisatawan dikenakan biaya. Tapi yakinlah, tiket masuknya tidak mahal. Tarif parkir masih di level normal. Dengan tiket masuk sebesar Rp2.500 dan biaya untuk parkir mobil sebesar Rp10.000 dan untuk motor sebesar Rp2.000.