5 Tempat wisata di Bengkulu yang Lagi Hits serta Terkenal saat Ini

5 Tempat wisata di Bengkulu yang Lagi Hits serta Terkenal saat Ini

5 Tempat wisata di Bengkulu yang Lagi Hits serta Terkenal saat Ini

5 Tempat wisata di Bengkulu yang Lagi Hits serta Terkenal saat Ini
Tempat wisata seru

Tempat wisata di Bengkulu– Bengkulu merupakan suatu pulau yang bersebelahan dengan Samudera Hindia. Tidak bingung bila tempat wisata di Bengkulu ini mempunyai bagian istimewa yang harus kalian tahu. Semacam darmawisata gunung, pantai, museum, serta serupanya. Darmawisata di Provinsi Bengkulu di kekuasaan oleh wisata pantai, perihal ini sebab lokasi geografis Kota Bengkulu terletak di pesisir pantai.

Bengkulu ialah salah satu Kota terbanyak di wilayah pesisir pantai sisi barat Pulau Sumatera sehabis Kota Padang. Tidak bingung bila di sini ada bermacam berbagai wisata pantai. Bengkulu yang lebih diketahui selaku Dunia Rafflesia mempunyai kemampuan darmawisata yang luar biasa memesona. Bengkulu memanglah banyak dengan pesona budaya, sejarah, alam serta kebajikan lokal yang pantas jadi destinasi Tempat wisata favorit di Indonesia.

Selanjutnya ini merupakan sebagian catatan tempat darmawisata di bengkulu yang populer sampai detik ini.

1. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough
Tribunnews.com

imagineair – Salah satu kekayaan sejarah Bengkulu ialah Benteng Marlborough, peniggalan keluarga besar dari Inggris di era Kolonial. Ternyata, banyak kisah sejarah yang membuat benteng ini masih dikenang dan didatangi wisman Inggris. “Benteng itu bukan benteng biasa, sempat ditinggali sama petinggi kerajaan, keluarga terhormat, sampai ada perjanjian lintas negara di sana,” tutur Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat konferensi pers Festival Tabot, di Jakarta, Rabu (5/9/2018). konferensi pers Festival Tabot, di Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Lokasi benteng ini berada di tepi Samudera Hindia menghadap ke selatan. Benteng seluas 44.100 persegi ini masih terlihat kokoh, bersih dan terawat. Seperti ciri khas benteng Inggris, di bagian luar benteng dikelilingi parit buatan. Jika Anda memperhatikan arsitekturnya, benteng ini terlihat simetris, terutama jika dilihat dari udara. Rohidin mengatakan Benteng Marlborough ini dahulu dijadikan markas besar East Indian Company, sebuah perusahaan dagang Inggris yang kala itu menguasai komoditi lada hitam Bengkulu yang dibawa hingga ke Britania Raya.

Selain itu, ketika Inggris dan Belanda berseteru soal wilayah kekuasaannya, benteng tersebut ditukar melalui Traktat London 1824. Dalam perjanjian tersebut, dijelaskan bahwa Belanda menyerahkan Malaka dan Semenanjung Melayu termasuk Penang dan sebuah pulau kecil tidak bertuan, Singapura kepada Inggris. Sedangkan, Inggris (Britania) menyerahkan pabriknya di Bengkulu, Port Marlborough dan seluruh kepemilikannya pada pulau Sumatera kepada Belanda. Perjanjian tersebut dilakukan pada 17 Maret 1824 di London. “Ini dulu tempat perjanjian traktat London, Bengkulu sempat ditukar dengan Singapura. Jadi sejarahnya melibatkan bangsa Inggris, Indonesia, Singapura, dan Belanda,” tuturnya.

Wisatawan mancanegara (wisman) negara-negara tersebut lah yang jadi sasaran pariwisata jika benteng tersebut jadi dikemas. Di bagian depan, terdapat tiga makam tua yang merupakan peristirahatan terakhir Residen Thomas Parr, pegawainya Charles Murray, dan satu makam lagi milik Capt Robert Hamilton yang mati dibunuh warga Bengkulu kala itu. “Sampai saat ini makam-makam Inggris di Bengkulu masih rutin dikunjungi keluarganya setahun sekali,” paparnya.

Menurutnya, wisatawan tidak hanya menikmati wisata sejarah, karena benteng ini dekat dengan deretan pantai indah Bengkulu. Wisatawan dapat menikmati hamparan pasir putih Pantai Tapak Padri yang bersambung hingga Pantai Panjang Bengkulu. Rohidin Mersyah mengatakan kedepan pihaknya akan coba mengemas dengan beberapa acara nasionalisme di sana, selain itu juga acara yang berkaitan dengan sejarah beberapa negara di sana. “Kemarin kita coba upacara 17 Agustus di sana, ternyata hawanya sangat beda, terasa lebih sakral, dan monumental. Saya rasa cocok untuk event-event nasionalisme di sana,” KOMPAS.com

2. Pantai Bengkenang

Pantai Bengkenang
Nativeindonesia.com

pantai Bengkenang merupakan pantai yang sangat sesuai untuk seluruh golongan, bagus kanak- kanak, anak muda, serta berusia. Hingga janganlah bingung bila saat libur datang, pantai ini senantiasa jadi bagian tujuan wisatawan lokal pada spesialnya. pantai Bengkenang merupakan pantai dengan rancangan besarnya merupakan menyajikan spot bagus untuk para pengunjungnya. Bengkenang Beach dikelilingi oleh hijaunya area pesawahan, serta perkebunan. Di sejauh bibir pantai ada tumbuhan kelapa yang berbanjar serta berdiri ke atas selaku bagian tidak terpisahkan selaku tumbuhan yang tentu terdapat di tiap pantai.

Salah– satu mata pencaharian warga sekitar pantai Bengkenang merupakan mencari batu serta pasir. Berasal dari perhatian sebagian masyarakat setempat yang mau menjadikan pantai Bengkenang bukan cuma hanya untuk mecari batu serta pasir saja. Warga setempat memandang kalau keindahan pantai Bengkenang memiliki dimensi wisata yang bisa menarik para wisatawan lokal pada khususnya.

lokasi : Maps

jam buka: selama 24 jam dari hari Senin hingga hari Minggu

tiket masuk: sebesar Rp. 7. 000 per orang

Tetapi berbeda dengan pantai lainya, di pantai ini kita susah main di area pasir pantai. Sebab lokasi sehabis darat merupakan genangan air, setelah itu pasir pantai. Namun, perbandingan itu malah jadi keunggulan untuk pantai Bengkenang. sebab para wisatawan bisa menikmati keindahan pantai di atas hamparan rumput hijau sehingga memberikan keteduhan saat terletak di lokasi itu.

saat memandang ke laut, para wisatawan bisa memandang lekukan pasir pantai yang bagus yang menghampar di sepanjang pantai Bengkenang. Lekukan itu disebabkan ombak yang tiba, seakan– olah aliran itu lagi melukis keindahan alam yang memesona. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai tanpa khawatir kehangatan, sebab di situ telah diadakan tempat ataupun gedung untuk berlindung dengan dasar rerumputan. Serta yang sangat berarti, Bangkenang Beach populer sebab spot selfie yang dikreasikan istimewa, menawan, dan warna warni dengan latar pemandangan alam.

beberapa kreasi istimewa serta inovatif yang terdapat di pantai Bengkenang antara lain:

– Spot selfie kayu yang membentuk gambar ataupun lambang “Love” yang berlatarkan pantai

– Ayunan

– patung angsa serta bebek

– taman Rumput

– Tempat duduk Kayu

Di area tersebut, juga ada sebagian warung yang menyajikan makanan serta minuman dengan hidangan rasa yang sangat nikmat serta bersahabat di dompet para wisatawan. Seperti itu pesona pantai Bengkenang, suatu subjek wisata di Bengkulu yang mulai menggeliat untuk memperoleh ruang di mata serta hati para wisatawan.

Baca Juga : 6 Tempat wisata di Salatiga Terkini yang Lagi Hits

 

3. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah
Backpacker.com

pantai Padang Betuah mempunyai karakteristik tertentu, dimana di lokasi pantai ini juga ada danau di pinggir pantai , yang diketahui dengan julukan danau Gedang. berkunjung ke sini, pasti kamu akan memperoleh 2 keindahan alam sekalian. Untuk kamu yang kegemaran memancing, pantai ini ialah lokasi yang pas untuk kamu datangi. Disini terdapat sebagian lokasi yang cocok untuk memancing. Untuk kamu yang senang fotografi, pantai Padang Betuah juga menawarkan beraneka ragam spot instagenik.

pantai Padang Betuah dikelilingi tebing. Kamu juga dapat memandang pemandangan keindahan pantai ini dari atas tebing. Selaku salah satu tujuan wisata favorit Kabupaten Bengkulu Tengah, pantai Padang Betuah telah dilengkapi bermacam fasilitas semacam, mushala, kamar mandi, pondok- pondok untuk tempat istirahat serta warung- warung kuliner.

lokasi : Maps

jam buka: sepanjang 24 jam

tiket masuk: Rp. 2000 atau orang

Suatu pantai yang eksotis sebab mempunyai banyak sekali keindahan yang dihidangkan pada wisatawan. Antara lain: keindahan pasir putih, ombak yang tidak sangat besar, dan batu karang yang mempunyai celah- celah akibat abrasi. Serta dari atas batu tersebut kita bisa menikmati keindahan pantai ini dengan cara sempurna. terdapat satu perihal lagi yang jadi pemikat penting untuk para wisatawan untuk tiba ke lokasi ini, ialah kehadiran suatu danau yang berdampingan dengan pantai Padang Betuah.

pemandangan alam di dekat danau itu telah tidak dapat diragukan lagi, cuma satu kali foto sederhana dari kamera, lebihnya pesona alam sekitar yang akan mempercantiknya. Dengan kata lain, sebab saking mempesonanya pemandangan alam pantai serta danau itu, sekalipun kamu bukan seseorang“ ahli memotret”, tetapi hasil foto kamu akan senantiasa baik sebab situasi alamnya telah menawan. seiring perkembangan waktu, subjek wisata pantai Padang Betuah berganti nama menjadi subjek wisata“ danau Gedang”, pasti saja sebab kehadiran danaunya yang luar biasa. danau serta pantai Padang Betuah merupakan simbol keseimbangan alam yang berdampingan membuat suatu maha karya yang memesona.

Situasi pantai ini dapat dikatakan masih “perawan”, belum banyak dirusak oleh wisatawan- wisatan yang tidak bertanggungjawab. sehingga berkunjung ke pantai Padang Betuah akan terkesan belum dibentuk serta ditata dengan cara apik oleh penguasa.

Walaupun begitu, ada beberapa spot darmawisata yang dihidangkan di area tersebut. Antara lain:

1. Pasir Putih
2. danau Gedang
3. Spot Selfie
4. Sunset
5. Adat- istiadat danau terbelah

 

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata Yang Ada Di Bangka Belitung

4. Gunung Kaba

Gunung Kaba
Tobokito

Gunung dengan ketinggian 1937 mdpl ini masuk dalam taman wisata Alam dengan besar wilayahnya sekitar 13. 940 Ha. Area ini dipakai selaku salah satu area untuk perlindungan Bunga Rafflesia Arnoldi sebab memanglah populasinya yang makin berkurang. Gunung Kaba mempunyai daya tarik di bagian puncaknya ialah kawah hidup serta kawah mati.

Bila akan berkunjung ke kawah hidupnya, hingga janganlah kurang ingat untuk membawa masker ataupun perlengkapan penutup hidung. Ini sebab bau belerang yang sangat menusuk serta bisa jadi akan mengusik pernafasan. Dengan ketinggian yang tidak lebih dari 2. 000 mdpl, bukit Kaba Bengkulu ini memanglah lumayan ramah untuk para pemanjat pendatang baru. Bayangkan saja, untuk gunung yang tidak sangat besar ini telah ada 2 pilihan rute.

lokasi : Maps

jam buka: selama 24 jam

tiket masuk: Rp 2. 500 per orang

jalur yang awal berbentuk jalanan tanah yang biasa dipakai oleh para pendaki untuk mengarah punvak. jalur kedua berbentuk jalanan aspal yang telah lumayan rusak. Bila mau memakai jalur yang awal, hingga yakinkan untuk membawa perlengkapan keamanan yang nyaman, minimun memakai sepatu. wisatawan yang mau mencoba jalur kedua, hingga dianjurkan untuk memakai mobil ataupun motor trail. Ini sebab situasi jalur yang telah rusak, sehingga mobil ataupun motor standar mungkin tidak akan dapat hingga di puncak. jalur aspal juga dapat dilewati dengan jalur kaki selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Walaupun banyak pendaki yang naik ke gunung ini untuk berkemah di puncak, tetapi banyak juga wisatawan yang menaiki untuk langsung turun. Gunung ini memanglah biasa dipakai untuk wisata serta pendakian. Pemandangan alam yang dihidangkan diawal perjalanan merupakan hijaunya perkebunan sayur kepunyaan masyarakat lokalnya. wisatawan serta pendaki juga akan melampaui sungai kecil yang airnya sangat bening serta menyehatkan. Vegetasi hutan hujan tropis yang sedang alami serta rindang juga akan menemani setiap langkah wisatawan.

Jadi salah satunya gunung terkenal di Bengkulu menghasilkan bukit Kaba senantiasa marak pemanjat saat hari libur.Paling utama saat hari libur ataupun saat libur jauh, karena banyak pula para pekerja kantoran yang memilah ke gunung buat refreshing dari gundukan profesi mereka. Hingga janganlah bingung bila pendaki mau menaiki serta mendirikan tenda di sekitaran pucuk hingga wajib berebut tempat dengan pemanjat lain. Pergi lebih dini dari pemanjat lain dapat jadi kiat supaya dapat memilah tempat camping sesuai hasrat.

Nyatanya akan lebih asik untuk berwisata di bukit Kaba ini saat hari biasa. Jadi bisa jadi dengan ambil sebagian hari kelepasan untuk dapat menikmati kenyamanan di puncak Kaba. Kehadiran bukit Kaba Bengkulu tidak jauh- jauh dari mitos yang tersebar di golongan masayarakat setempat. Kabarnya sebauh narasi menceritakan kalau bukit Kaba ialah tempat sangat berhantu di Bengkulu. Dikisahkan pula terdapat sebagian mahkluk ghaib yang kabarnya menaiki sebagian tempat di bukit Kaba, sebagian di antara lain malim bagus serta Elang Berantai yang bertahta di puncak bukit, serta Gadis Saudari Kandang yang mempunyai kewenangan di kaki bukit.

5. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci
KMSTour.com

Walaupun namanya Pantai Sungai Suci tetapi di lokasi ini tidak ada sungai semacam namanya. wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini, tidak hanya untuk memandang hamparan pasir di sejauh pantai , juga melihat pemandangan alam laut bebas sampai ke Samudra Indonesia. Serta akan terasa lebih bagus melihat kejadian alam tenggelamnya matahari di petang harinya. Di sini juga jadi tempat untuk mencari batu akik sebab lumayan banyak di sejauh pantai.

Tidak hanya itu pantai ini menyuguhkan pepohonan yang berkembang disepanjang pinggir pantai. Di Pantai Sungai Suci ini juga terdapat pulau kecil yang tercipta dengan cara alami. dampak gerusan air laut yang dapat di seberangi dengan jembatan gantung kembar. Jembatan gantung kembar itu senantiasa ramai oleh wisatawan dari bermacam wilayah di Bengkulu serta luar Provinsi Bengkulu. Di atas pulau itu juga oleh masyarakat setempat sudah terbuat tempat bersantai berbentuk tempat bersandar di dasar tumbuhan yang lumayan rimbun di sebagian titik. Terdapat yang mengarah ke laut Samudera Hindia.

lokasi ; Maps

jam buka: selama 24 jam

tiket masuk: Rp5, 000 atau per orang

pantai ini memanglah sudah populer akan keindahan dan keasriannya yang masih sangat alami. Hingga tidak bingung bila para wisatawan mengatakan lokasi ini dengan Pieces of Heavennya Bengkulu. Tidak hanya keindahan akan air lautnya di lokasi ini juga ada pulau kecil yang bisa disebrangi dengan jembatan gantung. Para wisatawan bisa menikmati kehebohan hembusan angin laut yang nerpa saat terletak di jembatan gantung ini.

Di pulau kecil ini pula di mendiami oleh sebagian tumbuhan yang lumayan rimbun sehingga dapat mencegah para wisatawan yang duduk- duduk bebas di dasar tumbuhan ini dari sengatan cahaya matahari. Ada pula tebing bebatuan yang sedemikian itu menarik untuk dilihat. Tebing bebatuan ini sedemikian itu cadas sehingga jadi ciri khas tertentu untu tepi laut ini. Keindahan- keindahan ini lah yang dijadikan oleh pendamping belia mudi selaku lokasi spot gambar menarik. Apalagi terdapat pula yang menghasilkan posisi ini selaku lokasi untuk prewedding mereka.

Sebab memandang keindahan backgraound dan lanscape yang sedemikian itu eksotis, pantai ini juga mempunyai area yang lumayan besar ialah sejauh 2 km.
Berhiaskan bebatuan cadas, aliran yang bergemuruk silih bertukar menghasilkan gradasi serta angka keelokan tertentu. Tidak hanya mempunyai segudang keindahan, pantai ini juga dijadikan oleh warga setempat selaku pusat untuk mengakulasi batu kobaran. Apalagi dulu lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat untuk mendulang emas.