5 Tempat Destinasi Di Nganjuk

5 Tempat Destinasi Di Nganjuk

5 Tempat Destinasi Di Nganjuk

5 Tempat Destinasi Di Nganjuk
IDN Times

Tempat Destinasi Di Nganjuk – Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur. Kawasan ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Pada zaman Kerajaan Medan, Nganjuk disebut Anjuk Ladang, tempat kemenangan. Nganjuk juga dikenal sebagai Kota Angin.

Tahukah anda kalau Nganjuk disebut Kota Angin? Kawasan ini dulu bernama Anjuk Ladang. Tempat wisata Nganjuk tidak hanya tidak cantik lagi, tapi lebih menawan. Apalagi jika anda sedang berlibur dan berkunjung ke Nganjuk, sangat disayangkan jika belum mengetahui apa itu kekayaan alam nganjuk. Baik itu wisata alam maupun wisata buatan, Nganjuk terkenal dengan beberapa obyek wisata kekinian.

imagineair – Sebagai bagian dari Jawa Timur, Nganjuk tampaknya menyumbang tempat wisata yang menarik. Tidak hanya untuk turis lokal, tapi juga bagi warga luar kota lainnya. Berikut referensi tempat wisata di nganjuk yang bisa dikunjungi saat berlibur di kawasan tersebut.

1.Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo
TravelsPromo

Objek wisata pertama adalah air terjun Sedudo. Air terjun ini terletak di sekitar 1438 Mars Heights. Pesona alam yang begitu sejuk dan indah akan memanjakan Anda. Situs ini juga sering digunakan untuk upacara tahunan bulanan Suro. Menurut kabar, objek wisata ini juga sudah diatur. Selain pemandangan alam yang mempesona, Air Terjun Sedudo juga erat kaitannya dengan unsur sejarah dan budaya. Mitos air yang membuat Anda awet muda juga menarik wisatawan ke sini. Tak pelak, Air Terjun Sedudo tidak akan pernah menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di air terjun sedudo ini memiliki beberapa daya tarik yang wajib kalian tau yaitu seperti Air terjun ini berada di atas tebing setinggi 105 meter di dasar lembah. Untuk mencapai danau sendirian, wisatawan harus menempuh banyak langkah. Tenang, tangga ini aman karena terbuat dari batu dan memiliki pagar pengaman.

Air Terjun Sedudo (Air Terjun Sedudo) mengalir dari ketinggian lebih dari 100 meter, menampilkan pesona alam yang menakjubkan. Air meluncur di permukaan tebing batu hitam tanpa banyak debit. Air terjun ini ditumbuhi lumut di kedua sisinya dan dikelilingi oleh hutan belantara yang membuat pemandangan air terjun menyegarkan. Air Terjun Sedudo sudah dikenal luas sejak berdirinya Kerajaan Majapahit. Tempat ini dulunya digunakan sebagai tempat mencuci senjata pusaka raja, dan air yang digunakan dipercaya membawa berkah dan keselamatan. Di masa kejayaan Islam, air terjun ini merupakan tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman yang menyebarkan agama Islam di Nganjuk.

Air Terjun Sedudo sudah dikenal luas sejak berdirinya Kerajaan Majapahit. Tempat ini dulunya digunakan sebagai tempat mencuci senjata pusaka raja, dan air yang digunakan dipercaya membawa berkah dan keselamatan. Di masa kejayaan Islam, air terjun ini merupakan tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman yang menyebarkan agama Islam di Nganjuk. Untuk memasuki kawasan wisata, pengunjung Air Terjun Sedudo perlu membayar tiket masuk yang terjangkau. Tiket ini sudah termasuk asuransi Jasa Raharja.

HARGA TIKET MASUK
Tiket Masuk Dewasa Hari Biasa Rp10.000
Tiket Masuk Anak Hari Biasa Rp8.000
Tiket Masuk Dewasa Hari Libur Rp15.000
Tiket Masuk Anak Hari Libur Rp12.000

Air Terjun Sedudo dibuka untuk umum setiap hari. Biasanya tempat ini ramai pada hari sabtu dan minggu. Pada bulan Muharram / Sura 1ura diadakan upacara Parna Prahista atau Mandi Sedudo yang dapat disaksikan pengunjung. Buka mulai pukul pagi pada pukul 07.00 sampai dengan sore pada pukul 17.00.

2. Wisata Air Terjun Sumber Manik

Wisata Air Terjun Sumber Manik
Travelling

Wisata Air Terjun Sumber Manik Nganjuk merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Desa Klodan, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wisata air terjun maniak ini menjadi objek wisata yang ramai pada hari biasa, akhir pekan atau hari libur. Tempat ini sangat asri dan bisa memberikan suasana yang membuat aktivitas sehari-hari kita membosankan.

Harga tiketnya gratis atau tidak cukup murah, namun jangan salah menilai keindahan wisata air terjun sumber mania ini tidak murahan. Sangat disayangkan jika anda berada di kota Nganjuk tanpa mengunjungi sumber wisata Air Terjun Manik yang memiliki keindahan yang tak tertandingi. Wisata air terjun maniak sangat cocok untuk kegiatan liburan anda terutama saat libur panjang seperti hari libur nasional, libur lebaran fitri, hari libur mandiri, libur ningye, liburan idul fitri, liburan idul fitri, liburan tahun baru, indah liburan alam Ini adalah pilihan yang sempurna untuk semua orang yang mengunjungi Air Terjun Sumber Manik di Kota Nganjuk dekat atau dari kejauhan.

Wisata Air Terjun Sumber Manik Nganjuk merupakan tempat wisata alam yang wajib anda kunjungi karena keindahan dan pesonanya tidak ada duanya. Penduduk lokal di kawasan Klodan sangat ramah kepada wisatawan lokal, masyarakat luar kota bahkan wisatawan dari luar negeri. Kota Nganjuk juga terkenal dengan keindahan tempat wisatanya salah satunya adalah wisata air terjun sumber mania ini. Air terjun sumber mania tidak hanya memiliki pemandangan yang indah di air terjunnya saja, akan tetapi pemandangan sekitarnya juga terletak di lereng Gunung Willis sebagai Sumber Manik Air terjun menambah pemandangan alam, air terjun ini memiliki dua cabang, tinggi sekitar 35 meter dan lebar sekitar 20 meter.

Parit menutupi gunung batu bundar. Sekilas air terjun ini memadukan kontur Air Terjun Roro Kuning dan Air Terjun Sedudo. Air di puncak bebatuan rambat jatuh sekaligus menjadi bebatuan besar.Wajar saja masyarakat Desa Nghetos tempat air terjun pertama kali ditemukan jarang tersentuh wisatawan karena letaknya yang jauh di dalam desa. Untuk menuju ke sini, Anda harus melewati hutan pinus yang berbukit, lembah sungai dan parit, lalu mencapai persawahan warga. Nama Sumber Manik muncul secara spontan. Kawasan hutan setempat sering disebut “Xiandang Sumber Manik”. Konon di atas air terjun tersebut dulunya merupakan mata air tempat tinggal pertapa Damarwulan.Sosok legendaris ini pernah tinggal di Kerajaan Mapajahit. Oleh karena itu, air terjun ini dinamakan Zhuziyuan karena terletak di lereng bukit Zhuziyuan.

Sumber air terjun ini adalah manik nganjuk, bisa dikatakan sebagai wisata alam, dengan fasilitas dan pelayanan sebagai berikut: Tempat parkir, musala, kamar mandi / MCK, restoran, dll.

Tips dan trik sebelum menuju ke sumber air terjun di manik nganjuk. Sebelum berwisata alam, hal yang perlu Anda persiapkan adalah kacamata hitam, topi dan aksesoris lainnya. Dan beberapa barang lainnya, seperti kamera. Karena Anda sangat ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi dan jangan sampai ketinggalan perlengkapan kesehatan (seperti sabun, tisu basah, sampo, pengawet). Bersiaplah dengan tubuh dan kendaraan Anda, karena perjalanan yang akan Anda tempuh membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra. Yang terpenting jangan lupa bawa KTP dan dokumen kendaraan seperti akta mobil atau mobil, KTP, SIM card, uang secukupnya.

 

Baca Juga : 5 Tempat wisata di Gorontalo Terkini & paling Hits Dikunjungi

 

3. Pariwisata Bukit Batu Songkun

Pariwisata Bukit Batu Songkun
KMSTour.com

Dinas Pariwisata Bukit Batu Songkun merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Camomile, Jawa Timur, Indonesia. Bukit Ba Dut Songkun Tour merupakan objek wisata bagi wisatawan yang ramai pada hari biasa maupun hari libur. Tempat ini sangat indah dan bisa menghadirkan perasaan yang berbeda untuk aktivitas kita sehari-hari. Wisata Bukit Ba Songkun memiliki pesona yang indah dan sangat menarik. Sayangnya jika tidak mengikuti wisata Bukit Batu Songgong di kota Nganjuk, keindahannya tiada duanya.

Wisata Bukit Ba Songkun sangat cocok untuk melengkapi aktivitas liburan anda terutama pada saat libur panjang seperti hari libur nasional ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata Bukit Ba Songkun sangat cocok untuk semua yang ingin atau dekat dengan tempat wisata Bukit Ba Songkun Kota Nganjuk.Wisata Bukit Batu Songkorn menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi karena keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal kawasan Nganjuk juga sangat bersahabat dengan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Kota Yanzhu juga terkenal dengan Wisata Gunung Songgong Batu yang merupakan wisata yang sangat menarik. Puncak Gunung Songgong merupakan salah satu bukit yang berada di lereng utara Gunung Willis.

Selain itu bentuknya juga unik. Artinya, berupa taman besar di atas bukit, taman tersebut tersusun dari ratusan bebatuan tajam. Selain mengagumi eksotisme taman batu, Anda juga ingin mengagumi sunset di balik lembah di sisi timur bukit. Wisata Bukit Ba Songkun bisa dikatakan sejenis wisata alam.Ada banyak fasilitas yang berada di dekat kawasan wisata Bukit Ba Songkun, antara lain: halaman parkir yang luas, terdapat juga kamar mandi atau MCK, jika kalian lelah disana juga disediakan tempat istirahat, dan lain sebagainya.

Sebelum menuju tempat wisata Bukit Batu Songkorn, Anda perlu mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan, seperti membawa bekal, air minum, topi, dll. Ada juga beberapa barang lain, seperti kamera, karena Anda memang ingin menghabiskan waktu yang tak terlupakan bersama keluarga atau teman. Jangan lupa membawa perbekalan kesehatan (seperti sabun, tisu basah, sampo, pengawet). Persiapkan tubuh dan kendaraan Anda agar liburan berjalan lancar. Jaga dirimu dan selalu hati-hati.

4. Grojogan Putri Ayu

Grojogan Putri Ayu
alaMasEdy

Ngadem.com-Dalam beberapa bulan terakhir, tempat wisata di Jawa Timur semakin meriah. Tak hanya di kota besar, beberapa kota yang kurang terkenal kini mempercantik diri dengan menampilkan tempat wisata baru. Salah satunya Kabupaten Nganjuk di Yup yang dikenal sebagai Kota Angin ini mulai mengembangkan potensi wisata yang ada. Baru-baru ini ada wisata alam bernama wisata Grojogan Putri Ayu yang berlokasi di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Berawal dari akhir tahun lalu, nama Grojogan Putri Ayu (Grojogan Putri Ayu) kian ikut meramaikan industri pariwisata eksotis Kabupaten Nganjuk. Oleh karena itu, jika ke Nganjuk, mohon jangan ke Sududo saja. Di sini, kami perkenalkan tur baru Grojogan Putri Ayu!

Hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan di sini adalah berenang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati tarian-tarian indah, ditemani sejuknya udara, pemandangan alam yang hijau dan kicau burung yang mempesona. Air di Grojogan Putri Ayu juga sangat jernih. Inilah kenapa setiap akhir pekan tempat ini selalu dipenuhi wisatawan yang ingin basah-basahan. Oh ya, hanya beberapa meter saja dari lokasi, kamu juga bisa menuju ke sebuah goa dengan nama unik yang tertulis di dindingnya.

Konon gua ini dulunya digunakan untuk meditasi. Karena tempat ini masih tergolong tempat wisata yang baru, Grojogan Putri Ayu masih terus mengembangkan fasilitas. Saat ini, Anda hanya bisa melihat tempat parkir dan toilet sementara. Tiket masuk Grojogan Putri Ayu adalah 5k per orang. Akses jalan lumayan bagus. Namun kendaraan harus kita parkir sekitar 100 meter dari lokasi ini, karena kendaraan roda empat masih belum bisa masuk ke darat. Jika Anda membawa sepeda motor, Anda bisa memarkirnya di tempat.

Jika ingin kesini, Anda bisa menuju Desa Sambikerep di Kecamatan Reambio, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, sekitar satu jam perjalanan dari Kota Nganjuk. Lokasi pastinya belum ada di Google Maps, jadi sebaiknya Anda mengunjungi nama Desa Sambikerep terlebih dahulu. Karena lokasinya yang agak berantakan, Anda bisa bertanya kepada warga mengenai lokasi persis Grojogan Putri Ayu saat tiba di Desa Samikerep.

Grojogan Putri Ayu dapat menjadi tujuan Anda berikutnya untuk kunjungan Anda berikutnya ke Nganjuk. Meski tidak setenar Sedudo, setidaknya Grojogan Putri Ayu bisa menghilangkan segala penat dan penat dengan mandi di bawah grojogan. Jaga kebersihannya dan jangan melakukan perilaku yang aneh aneh ya!

 

Baca Juga : 6 Wisata Menantang Paralayang Di Keindahan Panorama Indonesia

 

5. Grojogan Duwur Sumbermiri

Grojogan Duwur Sumbermiri
Matakamera

Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk merupakan obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa, akhir pekan atau hari libur. Tempat ini sangat asri dan bisa memberikan suasana yang membuat aktivitas sehari-hari kita membosankan. Harga tiketnya memang gratis alias gratis, tergolong murah, namun jangan salah menilai keindahan Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk, bukan hal yang murah.

Sayangnya, jika Anda berada di kota Nganjuk alih-alih mengikuti wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk, pesonanya tidak ada duanya. Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk sangat cocok untuk kegiatan liburan anda terutama pada saat libur panjang seperti hari libur nasional, libur lebaran, libur mandiri, libur nyepi, libur lebaran, libur idul fitri, liburan tahun baru, alam yang indah Wisata liburan, sangat cocok untuk siapa saja yang berkunjung ke tempat wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk dekat atau jauh dari kota Nganjuk. Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk terletak di Desa Sumbermiri, Ruang Dingin, Kecamatan Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi karena pesona indahnya tidak ada duanya. Penduduk lokal kawasan Sumbermiri ramah terhadap wisatawan lokal, luar kota bahkan wisatawan mancanegara. Kota Nganjuk juga terkenal dengan keanekaragaman destinasi wisatanya, salah satunya adalah Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk. Grojogan Duwur Sumbermiri merupakan grup wisata yang terletak di Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong, Kota Nganjuk.

Kawasan ini masih alami, dan keindahannya bisa membuat siapa saja yang melihatnya mengidamkan. Perlu diketahui wisatawan bahwa jalan menuju kawasan tersebut sangat sulit. Apalagi perlu waspada, karena kondisi jalan yang rusak membuat perjalanan semakin menegangkan. Wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk dapat dikatakan sebagai wisata alam dengan fasilitas dan pelayanan sebagai berikut: halaman parkir yang luas, terdapat musholla, jika kalian lapar disini juga terdapat rumah makan, terdapat juga kamar mandi atau MCK,dan lain sebagainya.

Saran dan tips sebelum berangkat ke tempat wisata Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk. Sebelum berwisata ke Grojogan Duwur Sumbermiri Nganjuk, hal yang perlu Anda persiapkan adalah kacamata hitam, topi dan aksesoris lainnya. Dan beberapa barang lainnya, seperti kamera. Karena Anda sangat ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Jangan lupa bawa perlengkapan mandi, dan jangan sampai ketinggalan perlengkapan kesehatan (misalnya sabun, tisu basah, sampo, pengawet). Bersiaplah dengan tubuh dan kendaraan Anda, karena perjalanan yang akan Anda tempuh membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra. Yang terpenting jangan lupa bawa KTP dan surat kendaraan, seperti: Surat Tanda Nomor Mobil atau Mobil, KTP, SIM Card, cukup uang.